Ketahui Beberapa Kesalahan Dalam Perawatan Bayi Yang Dapat Membahayakannya

Hadirnya sang buah hati merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi setiap pasangan karena dengan adanya keturunan keluarga akan terasa semakin lengkap. Karena kebahagiaan yang terlalu besar tersebut para orang tua selalu ingin memberikan sesuatu yang terbaik. Hal tersebut terkadang malah membuat para orang tua melakukan hal yang semestinya tiddak dilakukan terhadap bayi karena hal tersebut bisa membahayakan atau membuat sang bayi merasa tidak nyaman. Berikut beberapa kesalahan dalam proses perawatan bayi yang dapat memahayakan atau membuatnya menjadi kurang nyaman.

  1. Memberikan asupan selain ASI

Bayi yang masih berusia di bawah 2 tahun sebaiknya tidak anda berikan asupan makanan selain ASI. Anda baru bisa memberikan makanan selain ASI ketika bayi menjelang usia 2 tahun atau di atas 2 tahun. Hal tersebut tak booleh dilakukan karena organ pencernaan dalam tubuh sang bayi masih belum sempurna sehingga tak heran jika terkadang bayi mengalami gumoh.

  1. Meninggalkan bayi yang sedang minum susu dari botol

Karena beberapa alasan ada beberapa tipe orang tua yang memberikan susu selain ASI kepada sang bayi. Pada dasarnya asupan terbaik yang diperlukan bayi pada usia 2 tahun pertama yaitu asupan ASI ekslusif namuun jika alasan tidak memberikan ASI dapat diterima maka tak ada masalah. Namun terkadang para orang tua meninggalkan bayinya bersama dengan botol susu hingga ia tertidur. Hal ini sangatlah berbahaya karena bisa membuat bayi kesulitan bernafas ketika tidur.

  1. Memberikan air putih pada bayi

Bayi pada dasarnya hanya memerlukan ASI ekslusif karena ASI sudah dapat berguna baik sebagai makananan dan sebagai minuman. Untuk anda tidak perlu memberikan jenis cairan lain seperti air putih kepada bayi. Jika sesekali memberikan air putih mungkin tak akan menimbukan masalah namun jika terlalu sering hal ini justru tidak baik untuk tumbuh kembang sang bayi. Karena air putih yang dikonsumsi terlalu sering oleh bayi dapat menyebabkan ketidak seimbangan elektrolit di dalam tubuh bayi. Selain itu terlalu banyak air putih juga dapat mengurangi konsentrasi natrium sebagai salah satu zat penting yang diperlukan oleh bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *